9.23.2011

Material yang Mengikuti Jaman



            Setiap hari, setiap saat, baik sadar maupun tidak, manusia selalu berhubungan dengan berbagai jenis material. Material disini bukan material untuk bangunan loh ya… Contohnya adalah saat berkendara di dalam mobil. Kaca mobil, jok kursi, dan rangka mobil semuanya terbuat dari material berbeda yang dirangkai menjadi kesatuan hingga bernilai guna bagi manusia. Jika masih ingat pelajaran sejarah di SMP dulu, bahkan, perkembangan sejarah ditandai dengan material utama yang digunakan pada masa itu, seperti jaman batu, bronze age dan iron age.
Seiring dengan perkembangan jaman, kini material juga ikut berkembang dari material sederhana hingga material kompleks. Pada dasarnya ada tiga jenis material yang dapat dijumpai, yaitu polimer/plastik, logam, dan keramik. Ketiganya dapat diidentifikasi dengan mudah berdasarkan perbedaan sifat, bentuk, penampilan, dan fungsi material tersebut. Dengan bertambahnya kebutuhan manusia di jaman modern ini, material mau tak mau juga ikut berevolusi hingga didapatkan sifat material tertentu yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan jaman.
Maka berkembanglah material yang lebih kompleks, seperti matrial nano dan material komposit. Material komposit merupakan campuran antara dua jenis material dasar (bisa polimer-logam, logam-keramik, ataupun keramik-polimer). Pencampuran dimaksudkan agar material memiliki sifat yang lebih unggul. Misalnya komposit polimer-logam, yang bisa dijumpai di dashboard mobil atau motor, memiliki kekuatan seperti logam tapi fleksibel seperti polimer. Material nano, yang kini kian populer, merupakan material dengan ukuran partikel sangat kecil yang diharapkan bisa meningkatkan sifat mekanis material (seperti kekerasan, kekuatan, dan lainnya) tanpa harus meningkatkan berat material tersebut. Jika material nano digunakan pada kendaraan bermotor, berat kendaraan bisa lebih ringan dan getaran yang terjadi pun lebih sedikit sehingga konsumsi bahan bakar bisa dihemat.
Perkembangan material tentu tak lepas dari pemahaman antara struktur material dengan sifat yang dimilikinya. Dengan bantuan teknologi dan proses yang sesuai, kini manusia telah bisa membuat material dengan struktur tertentu hingga dicapai sifat material yang diingini dan cocok untuk digunakan pada peralatan-peralatan masa kini yang kian kompleks.
 

Copyright © 2013 Materials Today | PSD Design by ©lollasta